Kode 18kgp emas atau bukan? Simak Jawabannya Disini

Kode 18kgp emas atau bukan – Emas memiliki banyak sekali jenisnya, salah satunya adalah dengan yang memiliki kode 18kgp. Banyak yang tidak mengetahui tentang emas ini karena harganya yang terpantau lebih murah dari emas pada umumnya. Saat beredar dipasaran pun emas ini memiliki labelnya tersendiri. Lantas apakah kode 18kgp emas atau bukan? Lalu cara membedakan emas asli dengan palsu seperti apa? Disini akan ditemukan jawabannya.

Apa itu 18kgp

Untuk menjawab pertanyaan apa itu 18kgp, mari coba telaah terlebih dahulu dari singkatan KGP. Memiliki Karat Gold Plated yang artisnya adalah sebuah kode atau label bagi perhiasan yang memiliki kandungan emas yang tidak sampai 100%, tetapi hanya dilapisi oleh emas, rata-rata  perhiasan dengan label KGP itu terpajang di etalase toko emas agar mudah dilihat oleh pembelinya.

Adanya angka 18 sendiri pada kode tersebut dimaksudkan sebagai jumlah karat emas yang digunakan yaitu 18. Dalam proses pelapisannya, emas dengan kode ini sangatlah sederhana. Para pengrajin hanya akan mencelupkan perhiasan yang terbuat dari jenis logam lain, kemudian dicelupkan dalam larutan emas yang muatannya ion positif. Setelah itu larutan tadi akan dialiri oleh listrik sebagai ion negatif yang bisa mengikat emas.

Jenis perhiasan emas 18kgp ini biasa digunakan sebagai barang perhiasan KW yang dimiripkan dengan perhiasan bermerek lain. Perhiasan KW ini sangat laris dipasaran guna memenuhi gengsi para wanita yang ingin tampil menawan dengan budget yang minim. Tapi meskipun perhiasannya KW, namun bahan pelapis yang digunakan tetap saja emas namun dengan kadar yang sangat rendah bisa sampai 0.05% saja.

Baca juga : Syarat Pengajuan Pinjaman di BFI Finance

Cara Membedakan Emas Asli dan Palsu

Setelah mengetahui apa yang dimaksud dengan kode 18kgp emas atau bukan, selanjutnya ketahui juga cara membedakan emas asli atau palsu. Cara ini cukup mudah dan bisa dipraktekkan langsung oleh diri sendiri. Berikut adalah caranya:

Gigit

Emas cenderung memiliki sifat yang lunak, semakin tinggi kadar emasnya maka akan semakin lunak. Dari sifat ini orang bisa membedakan emas asli dengan yang palsu hanya dengan menggigitnya. Jika emas saat digigit meninggalkan suatu bekas gigitan, maka bisa dipastikan emas tersebut asli. Namun, ini bukan jadi tanda yang sesungguhnya karena timah juga termasuk memiliki sifat yang lunak.

Gosok Emasnya

Coba sendiri untuk menggosok bagian permukaan perhiasan yang dilapisi emas. Coba gosok dengan telapak tangan saja dan lihat bedanya. Jika setelah digosok muncul permukaan emas yang terkelupas berwarna hitam dan pudar, bisa dipastikan itu adalah emas palsu. Namun sebaliknya jika emas tidak mudah mengelupas dan pudar, bisa dipastikan itu adalah emas asli.

Baca juga : Kiat Sukses Usaha Dagang

Teteskan Zat Asam

Emas jika terkena cairan asam, tidak akan mudah menghilang dan berubah warna. Beda halnya jika emas tersebut digunakan sebagai pelapis saja. Pasti jika hanya digunakan sebagai pelapis, isi dari lapisan tersebut akan ketahuan. Contohnya jika perhiasan yang diteteskan asam nitrat berubah jadi warna lain seperti kuning dan hitam, maka dipastikan itu adalah logam lain yang dilapisi emas.

Perhiasan tersebut bisa saja terbuat dari besi atau tembaga yang dilapisi emas. Namun jika emas asli, maka tidak akan terjadi perubahan warna pada perhiasan tersebut. Saat melakukan pengetesan ini, pengguna harus berhati-hati karena asam nitrat cukup berbahaya untuk tubuh.

Itulah sedikit informasi mengenai pertanyaan kode 18kgp emas atau bukan? Yang jawabannya adalah emas. Namun ini hanyalah kode yang digunakan untuk perhiasan yang menggunakan emas 18 karat hanya sebagai pelapis saja. Kandungannya juga tidak banyak hanya sekitar 0.05% saja. Sehingga jenis perhiasan ini disebut juga perhiasan KW.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan komentar