Emas Lantakan Adalah Emas Cukim. Ternyata Begini Artinya!

Emas Lantakan Adalah – Semakin kesini investasi emas semakin naik daun dan banyak digemari. Bahkan, saat ini sudah banyak bermunculan jenis-jenis emas baru yang bisa dijadikan investasi. Emas lantakan adalah salah satu bentuk investasi yang cukup digemari oleh sebagian orang.

Meskipun sudah banyak digemari, namun masih banyak pula orang yang belum paham mengenai jenis emas tersebut. Untuk itu, agar semakin paham tentang jenis-jenis investasi emas, maka simak terus pembahasan berikut hingga selesai.

Apa Itu Emas Lantakan?

Semakin beragamnya jenis emas tentu bisa membuat siapapun menjadi semakin bingung dan susah menghafalnya, apalagi bagi para investor pemula. Lantakan juga salah satu jenis emas yang masih cukup asing didengar.

Memang sebagian besar orang lebih mengenal jenis emas Antam dari pada Lantakan. Padahal Lantakan merupakan jenis emas lokal asli Indonesia.

Emas lantakan adalah jenis emas lokal berbentuk batangan atau biasa dikenal dengan emas batangan. Berbeda dengan emas Antam, Lantakan ini terbentuk dari jenis emas sortiran. Biasanya, penjual emas akan melebur emas-emas cacat dan dibentuk menjadi batangan, yang kemudian disebut dengan emas Lantakan.

Produk-produk cacat tersebut biasanya diperoleh dari para pelanggan yang menjual emas rusak seperti patah, putus, dan lain sebagainya. Emas Lantakan ini  biasanya hanya dijual secara lokal daerah di Indonesia saja.

Baca juga : Saham yang Bagus untuk Trading

Karena Lantakan merupakan hasil dari peleburan emas yang reject, maka pembeli harus memiliki pengetahuan khusus untuk mengecek kadar karat yang dimilikinya. Maka dari itu, apabila tertarik untuk investasi jenis emas ini, lebih baik belilah di toko emas langganan dan terpercaya untuk menghindari penipuan.

Kenapa Disebut Sebagai Emas Lantakan Lokal dan Cukim?

Sebagian besar orang banyak yang menyebut jenis emas ini dengan nama lokal di belakangnya, yakni emas Lantakan lokal. Hal tersebut tidak lain sebagai penanda bahwa emas batangan yang diproduksi tersebut  adalah asli buatan lokal Indonesia.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa emas Lantakan biasanya dijual secara lokal saja, sehingga membuatnya dijuluki sebagai emas Lantakan lokal.

Sedangkan, istilah cukim sendiri itu didapat dari cara pemurnian emas yang dilakukan. Dalam proses pemurniannya, biasanya pedagang emas akan menggunakan sistem cukin untuk memurnikan emas Lantakan.

Sistem cukin sendiri merupakan jenis proses pemurnian emas yang masih dilakukan secara konvensional. Biasanya, cara yang dilakukan yakni dengan memisahkan antara logam lain yang masih menempel pada emas agar diperoleh emas berkadar tinggi.

Baca juga : Ciri Kalung Emas Putih Asli

Apa Beda Jenis Emas Lantakan dengan Emas Antam?

Pasti mulai banyak yang bertanya-tanya tentang perbedaan antara emas Lantakan dan emas Antam. Hal tersebut tentu sangat wajar karena sebagian besar orang lebih mengenal emas Antam dari pada Lantakan.

Pada dasarnya, kedua jenis emas tersebut banyak kesamaan fisiknya. Emas Antam dan Lantakan sama-sama terbuat dari emas murni. Selain itu, bentuk keduanya pun juga sama, yakni berbentuk batangan.

Lantas apa yang membedakan kedua jenis emas tersebut? Nah, sebenarnya aspek pembeda antara keduanya hanya terletak pada sertifikasinya saja. Jika emas Antam telah tersertifikasi secara internasional oleh LBMA, maka tidak demikian dengan Lantakan.

Tidak hanya itu saja, emas Antam diproduksi secara nasional dengan standarisasi tinggi. Hal itu sangat berbeda dengan Lantakan yang hanya diproduksi dari peleburan produk emas rusak oleh pedagang lokal dengan cara konvensional.

Dari pembahasan di atas dapat disimpulkan bawah emas lantakan adalah jenis emas lokal yang tidak memiliki sertifikat dalam produksinya. Meskipun demikian, bila dilihat secara fisik dan kadarnya, kualitas yang dimiliki emas Lantakan atau Cukim ini yang tidak  jauh berbeda dengan Antam.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan komentar