Wajib Tahu, Inilah 5 Ciri Kalung Emas Putih Asli!

Ciri Kalung Emas Putih Asli – Saat ini sudah banyak jenis emas yang dikembangkan, begitu pula pada perhiasan kalung emas putih. Maka dari itu, ketika membeli kalung sangat penting untuk mengetahui apakah kalung tersebut asli atau tidak. Maka dari itu, seseorang harus mengenali beberapa hal terkait keaslian kalung sebelum membeli kalung emas putih. Yaitu dengan melihat dari ciri kalung emas putih asli berikut ini:

5 Ciri Kalung Emas Putih Asli

1. Berkilau Jika Terkena Cahaya

Setiap logam mulia pasti memiliki senyawa kimia yang berbeda-beda, sehingga daya pantul terhadap cahaya juga akan berbeda. Hal ini dapat terjadi karena adanya zat kimia yang terkandung di dalam emas. Zat kimia tersebut mampu memantulkan cahaya dengan sangat baik.

Untuk mengetahui apakah kalung emas putih asli atau tidak maka bisa dilihat dari kilauan saat terkena cahaya. Kalung emas putih yang asli akan berkilau ketika mendapatkan cahaya dari luar. Namun kalung yang palsu tidak berkilau walaupun diletakkan di bawah sinar sekalipun. Bisa jadi, kalung tersebut terbuat dari perak yang dilapisi oleh bahan tertentu.

2. Tahan Goresan

Emas putih memiliki daya tahan yang lebih lama karena di dalamnya memiliki kandungan kimia dari emas kuning. Logam mulia emas putih ini memiliki ketahanan lebih baik daripada logam lainnya. Bahkan apabila emas putih terjatuh, tidak akan mengalami kerusakan sama sekali. Daripada itu, emas putih tahan terhadap goresan.

Baca juga : Saham Termahal Indonesia

Untuk mengeceknya, maka perlu menggoreskan kalung emas putih ke kertas maupun keramik. Emas putih yang asli tidak akan mengalami goresan sama sekali. Berbeda dengan jenis logam lain atau emas imitasi, yang meninggalkan goresan kecil. Perlu diperhatikan, jika ingin melakukan pengecekan ini jangan terlalu keras saat menggoreskannya.

3. Memiliki Sertifikat Emas Putih

Perlu diketahui bahwa logam mulia emas putih umumnya memiliki sertifikat resmi dari produsennya. Mulai dari bentuk serta ukuran karat sudah ditentukan sebelumnya. Untuk mengeceknya bisa dengan meletakkan sertifikat di bawah sinar ultraviolet. Jika ada garis minor yang berwarna-warni, logo perusahaan dan blok warna hijau pada deskripsi berarti emas tersebut asli.

Selain melihat sertifikat resminya, emas putih yang asli juga dapat dilihat dari fisiknya. Secara fisik, ciri kalung emas putih asli bisa dilihat dari cap yang menunjukkan kadar emas dari kalung tersebut. Misalnya kalung tersebut memiliki kadar 18K atau 18 karat dan lainnya. Sedangkan pada emas imitasi pasti tidak memiliki kode tulisan tersebut.

4. Emas Putih Asli Lunak Jika Digigit

Semua logam mulia emas yang asli bersifat lunak sehingga mudah dibentuk. Maka dari itu, untuk membedakan apakah kalung emas putih tersebut asli atau tidak maka bisa dengan menggigitnya. Ketika emas tersebut digigit dan meninggalkan bekas gigitan, artinya emas tersebut asli. Untuk melakukan pengecekan ini perlu persetujuan dari toko.

Baca juga : Chart Saham Gratis

Terlebih jika tidak berniat untuk membeli kalung tersebut. Terapkan cara ini jika kalung sudah dibeli. Jika memang menunjukkan bahwa emas tersebut palsu, maka pembeli bisa menuntut toko tersebut. Walaupun demikian, jangan terburu-buru langsung membelinya. Karena emas palsu juga dibuat menggunakan logam timah yang lunak.

5. Warna Stabil dan Memiliki Suara yang Tinggi Ketika Diketuk

Ciri lainnya untuk menunjukkan emas putih asli atau tidak adalah dengan melihat warnanya. Emas putih asli ketika digosok pelan pada telapak tangan tidak akan berubah warna. Sedangkan emas yang palsu akan berubah warna menjadi pudar.

Selain dilihat dari warnanya, pembeli juga bisa menguji keaslian emas dari suaranya. Caranya adalah dengan mengetukkan kalung emas putih tersebut menggunakan koin. Ciri kalung emas putih asli akan menimbulkan suara yang bernada tinggi dan lebih panjang. Berbeda dengan emas imitasi maupun logam lain yang memiliki suara lebih pendek.

Itulah ciri kalung emas putih asli yang perlu diperhatikan ketika akan membelinya. Jangan pernah tergiur dengan penawaran harga yang murah. Terlebih jika penawaran tersebut diberikan oleh toko tidak resmi. Harga akan sangat berpengaruh terhadap kualitas produk, sehingga sangat penting untuk tetap waspada agar terhindar dari penipuan.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan komentar