Tips Dan Cara Menawarkan Produk Agar Konsumen Tertarik Untuk Membeli

Cara Menawarkan Produk Agar Konsumen Tertarik – Pemasaran adalah kegiatan akhir dalam memperjualbelikan suatu barang. Disamping pemasaran produsen harus bisa mengambil hati para pembelinya agar produknya terbeli. Ada berbagai macam cara menawarkan produk agar konsumen tertarik untuk membelinya. Melalui promosi ini penjual diharap bisa membuat masyarakat melirik produknya.

Manfaat kegiatan pemasaran dan promosi selain mengajak konsumen untuk membeli produknya, juga terdapat manfaat lainnya. Yaitu produk yang ditawarkan tersebar luas dan mulai banyak orang atau masyarakat mengetahuinya. Untuk itu simak berikutĀ  tips dan cara menawarkan produk agar banyak konsumen yang tertarik :

Tips Dan Persiapan Sebelum Menawarkan Suatu Produk

Sebelum masuk cara menawarkan produk alangkah baiknya mengetahui terlebih dahulu tips nya dan mempersiapkan diri. Apalagi jika promosinya secara langsung, maka banyak yang harus dipersiapkan yaitu berikut ini.

  • Percaya Diri.
  • Siapkan informasi produk .
  • Kesan yang diberikan harus baik, apalagi pertemuan pertama.
  • Jangan merendahkan atau meremehkan produk lain.
  • Memberikan attitude atau pelayanan yang baik.

Lima poin tersebut dapat diterapkan untuk promosi secara langsung. Terutama dalam memberikan pelayanan. Produsen harus sebisa mungkin memberikan pelayanan dan sifat yang baik kepada konsumen.

Baca juga : Bisnis Kopi Kekinian

Berikut Cara Menawarkan Barang atau Produk

Setelah mengetahui tips dan apa saja yang dipersiapkan, intip cara menawarkan produk agar konsumen tertarik untuk membelinya:

1. Mengenalkan Informasi Produk Secara Langsung

Cara menawarkan produk yang pertama adalah memberikan informasi produk secara langsung. Tentunya pembeli harus menginformasikan barang yang ditawarkan. Seperti nama, manfaat, deskripsi barang, dan lain sebagainya. Produsen harus pandai-pandai dalam mendeskripsikan produknya agar konsumennya tertarik.

Selain itu pembeli juga harus menjelaskan keunggulan dari produknya. Informasi mengenai barangnya pun harus sesuai dengan kenyataan atau fakta, tidak ada yang dibuat-buat. Hal ini guna untuk mencegah sesuatu yang tidak diharapkan. Seperti ketidaksesuaian produk dengan deskripsi yang dijabarkan.

2. Menawarkan Produk Melalui Iklan

Promosi yang dapat dilakukan selanjutnya yaitu membuat iklan seperti brosur, banner, spanduk, dan poster. Keempat tersebut dapat dicetak dan disebarkan secara langsung. Selain itu juga dapat ditempelkan di tempat ramai spanduk contohnya.

3. Menawarkan Produk Melalui Media Sosial

Media sosial juga dapat dimanfaat sebagai tempat untuk menarik perhatian konsumen. Seperti Facebook, Instagram dan lain-lain. Kunci dari promosi melalui jalur ini yaitu produsen harus pandai dalam memfoto produk. Selain itu penjual juga dapat menggambarkan barangnya di setiap postingan.

Cara ini sangat mudah karena hanya dilakukan melalui ponsel. Apalagi di era digitial ini media sosial semacam Facebook, Instagram, dan Tiktok menawarkan fitur shopping. Penjual dapat memposting foto produknya di fitur tersebut kemudian pembeli bisa langsung membelinya.

Baca juga : Usaha Jajanan Anak Muda

4. Menawarkan Produk Melalui Toko Online

Online shop juga menjadi satu cara yang dapat ditempuh dalam menawarkan produk penjualan. Alternatif ini bisa dijalankan karena di zaman modern ini masyarakat banyak yang menggunakan platform jual beli secara online.

5. Promosi Produk Melalui Endorse Artis atau Selebgram

Cara ini dinilai ampun dalam menawarkan produk kepada konsumen. Penjual dapat meng endorse produknya melalui selebgram maupun artis. Apalagi jika artis tersebut memiliki jumlah followers yang lumayan tinggi. Hal ini dilakukan karena banyak pengikut selebgram turut membeli produk tersebut.

Kekurangan menggunakan cara ini yaitu penjual harus rela mengeluarkan uang banyak untuk membayar artis atau selebgram tersebut. Maka dari itu produsen harus pintar memilih artisnya.

6. Melalui Website

Promosi melalui website juga dapat dilakukan, hanya saja cara ini kurang efisien karena memakan waktu yang banyak dalam pembuatan websitenya.

Itulah tips dan 6 cara menawarkan produk agar konsumen tertarik untuk membelinya. Langkah-langkah di atas dapat dilakukan dan mudah diterapkan. Namun kunci dari promosi ini penjual harus sabar dan mau melayani pembeli walaupun nanti tidak jadi membelinya. Sehingga kegiatan pemasarannya pun dapat berjalan lancar.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan komentar